Translate

Inspirasi Jobs

Steve jobs telah memberikan devinisi baru dari marketing of technology dari saat-saat awal Apple Macintosh sampai karya fenomenal dari Pixar, Toy Story, dan kembali untuk mendefinisikan iLife pada Apple. Ia adalah perintis pasar dan mengaplikasikan teknologi untuk kebutuhan konsumen yang sudah ada dan yang akan datang.
Ia tumbuh dewasa di California Apricot Orchards yang sekarang dikenal dengan Silicon Valley, pada masa ketika inovasi teknologi dan musik tenga berkompetisi. Ia mepelajari fisika dengan literatur, tetapi keluar untuk menemukan komputer Apple dengan temannya Steve Wozniak pada tahun 1976, yang bermarkas di garasi orang tua dan dibiyai oleh hasil penjualan VW campervan nya. Pada usia 23, ia telah menghasilkan lebih dari $1 juta, lebih dari $10 juta pada usia 24, $100 juta pada usia 25, dan sekarang telah menjadi miliuner yang sesunggunya.
Ia mengembangkan bisnisnya dengan memfokuskan pada pasar utama, memberikan harga premium untuk produk-produk barunya. Pada tahun 1985 ia mengalami kekalahan bersama dengan Jhon Sculey dalam adu kekuatan seiring Apple mulai jatuh karena kompetisi yang sangat ketat dengan Microsoft. Hal ini membawanya pada Pixar Animation Studio, yang sejak saat itu telah menciptakan beberapa film animasi yang tersukses dan dicintai, sejak saat-saat awal Walt Disney. Dari monster Inc, sampai Toy Story dan Finding nemo, mereka semua telah memperoleh penghasilan lebih dari $2 miliar di box offices.
Kembali kepada komputer Apple, dengan Jobs kembali kepada kursi kepemimpinan, Apple menyadari bahwa dunia kompurerisasi telah berubah. Dengan cara yang sama dengan Pixar telah merubah dunia perfilman, perusahaan semacam Dell telah mengubah dunia komputer. Namun, Jobs melihat masa depan dengan berbeda. Ia mengatur hasratnya akan komputer yang didesain dengan baik, kali ini dengan open system, dan peluncuran dari produknya yang funky dan penuh warna, iMacs. Lebih penting lagi, ia mengenali bahwa industri musik sedang sangant ingin memerlukan inovasi. iPod telah lahir menjadi sebuah alat atau produk generasi baru, dan iTunes mengikuti setelah itu.
Jobs tenga berada pada tempat yang tinggi dengan lebih dari 10 juta iPod di peredaran, keuntungan Apple telah meningkat lima kali lipat, dan Pixar, The Incredibles telah main di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Kinerja tahunan nya di MacWorld masih ditonton oleh jutaan orang, yang ingin mendengarkan pemikiran dan prespektifnya tentang keadaan yang berubah dengan cepat, dan lebih spesifik lagi mengenai ide-ide dan inovasi yang terbaru.
Jobs menggunakan pendekatan yang sangat personal dalam menjalankan bisnisnya seorang yang mempunyai visi dan ahli strategi, dengan imformasi yang lengkap mengenai kebutuhan konsumen dan desain produk.

Inspirasi Coca-cola


Coca-cola diciptakan di Atlanta, Georgia oleh ahli farmasi lokal bernama Dr. Jhon S. Pemberton, yang memproduksi sirup cola dan membawa ke Jacob Pharmacy dan menjualnya seharga 5 sen satu gelas sebagai minuman soda. Ia mengumumkan sebagai minuman yang nikmat dan menyegarkan.
Nama coca-cola dan skrip uniknya ditawarkan oleh temannya, penjual b uku lokal bernama Frank Robinson, dimana dia setuju bahwa dengan 2 C akan terlihat bagus dalam billboard iklan. Merk tersebut didaftar sebagai tredmart pada tahun 1887 dan pada tahun 1895, merek tersebut sudah tersedia di seluruh daerah Amerika Serikat, dan juga pada tahun 1899, sudah di terapkan sebagai operasi francise minuman botol.
Kronologi pemasaran coac-cola dibaca seperti sejarah pemasaran, dari saat awal waktu tergantung di luar toko farmasi daegan loga berwarna merah dan putih,melalui penciptaan modem merah putih dari Santa Claus, sampai iklan terkenal yang  menampilkan lagu “ I’d Like To Buy the World to Coke “ yang dinyanyikan di puncak bukit di Itali oleh orang-orang muda seluruh dunia.
Kini perusahaan menawarkan sebuah fortopolio yang terdiri atas 400 macam minuman, membawa tantangan yang berarti untuk mengetahui di mana mereka harus memfokuskan usaha. Pasar mana yang sangat aktraktif saat ini maupun di masa mendatang? Produk mana yang akan diinvestasikan oleh mereka?
Pendekatan coca-cola dalam menjawab tantangan ini terdiri atas 2 tahapan :
  •  Dengan mengerti mengenai pasar minuman secara global dari sisi pertumbuhan dan keuntungan nya, hal ini mengindikasikan bahwa kebanyakan industri saat ini dan Coke, keuntunga datang dari bisnis Soft drink berkarbonasi, walaupun ada pertumbuhan yang kecil dipasar. Sementara untuk minuman olaraga, menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat dan memberi banyak kesempatan yang menguntungkan. Air juga menunjukkan pertumbuhan yang sangat tinggi, tetapi dengan margin yang lebih rendah.
  •  Langkah kedua dari coca-cola adalah mengerti bagaimana kesempatan-kesempatan ini  dapat berguna bagi bisnisnya sendiri, kemampuan-kemampuan dari fortopolio produk-produknya, brand positioning serta strategi yang sesuai. Setelah itu mereka dapat memproiritaskan tujuan strategik pasarnya berdasarkan kecocokkan yang paling baik di pasar-pasar yang menarik.
Fokus pasar ini kemudian membawa strategi bisnis , dalam kasus ini termasuk kebutuhan untuk mengasah kemapuan-kemampuan baru dan mempercepat proses masuk kedalam pasar minuman buah, minuman olaraga dan teh-teh instan.

Popular Posts